terapi air putih

khasiat terapi air putih untuk kesehatan

Ginjal dan Seluk Beluknya

Pernahkan Anda erpikir bahwa tubuh manusia merupakan satu kesatuan seperti layaknya seuah mesin. Apabila salah satu saja “onderdil” tubuh terganggu, maka semua fungsi yang lain kan terganggu juga. Seperti sebuah motor, bila businya mengalami kerusakan, maka motor juga tidak akan bisa jalan.

Ginjal merupakan salah satu onderdil tubuh yang sangat vital. Ginjal mempunyai dua fungsi utama yaitu mengekskresikan produk terakhir dari proses metabolisme tubuh dan mengatur konsentrasi jumlah cairan tubuh. Ginjal ada dua buah, keduanya terdiri dari kira-kira 2.400.000 nefron. Nefron adalah bagian terkecil dari ginjal yang membentuk urine. Fungsi dasar nefron adalah membersihkan atau menjernihkan plasma darah dari zat-zat yang tidak dikehendaki ketika ia mengalir melalui ginjal. Zat-zat yang harus dikeluarkan terutama meliputi produk akhir metabolisme seperti ureum, kreatin, asam urat dan garam- garam asam urat. Disamping itu banyak zat lain seperti ion natrium, ion kalium, ion khlorida dan ion hidrogen cenderung terkumpul di dalam tubuh dalam jumlah berlebihan.

Ada dua mekanisme kerja nefron yaitu pertama adalah dengan membersihkan plasma dari zat-zat yang tidak dikehendaki. Sedangkan yang kedua adalah dengan mengekskresikan zat-zat yang tidak dikehendaki. Dengan kata lain ginjal merupakan organ terminal untuk mengeluarkan produk sisa metabolisme. Coba Anda bayangkan apabila ginjal kita rusak, sisa metabolisme tidak akan dapat dibuang, akan terkumpul dalam tubuh, dan akan meracuni tubuh serta dapat mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu, sayangilah ginjal Anda. Berikut ini adalah tips agar ginjal Anda terjaga kesehatannya:

1. Makan dan minum yang tidak mengandung bahan yang berbahaya, contoh bahan pengawet, bahan pemanis dan bahan kimia yang lainnya.

2. Menjaga kebersihan diri terutama kebersihan saluran kencing, karena infeksi pada saluran kencing dapat menjalar ke atas dan bisa mencapai ginjal.

3. Berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga akan menjaga sirkulasi darah senantiasa lancar dan sehat.

4. Jagalah tekanan darah Anda dengan baik dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Tekanan darah tinggi akan mengakiatkan kerusakan pada ginjal.

5. Berhati-hatilah mengkonsumsi gula. Jangan sampai terkena penyakit gula. Penderita gula akan mengalami kerusakan secara progresif pada ginjalnya.

6. Dan yang paling penting, minumlah air putih yang banyak. Ingat bahwa di sini bukan hanya sekadar air putih saja, tetapi lebih pada air putih yang baik. Minumlah air putih yang murni, yaitu air putih yang tidak mengandung zat-zat terlarut di dalamnya, agar ginjal juga tidak terbebani dengan zat-zat tersebut.


Tiada komen.

Tinggalkan Jawapan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

%d bloggers like this: