terapi air putih

khasiat terapi air putih untuk kesehatan

Olahraga dan aktivitas fisik

Hasil penelitian WHO mengindikasikan, banyak orang (diperkirakan setengah dari populasi dunia) mempunyai fungsi biologis di bawah bahkan jauh di bawah potensial biologi untuk mendapat kesehatan yang prima hanya karena kurang aktivitas fisik. Realitas inilah yang mendorong perlunya promosi dan peningkatan program aktivitas fisik dengan alasan :

1. Aktivitas fisik perlu diintegrasikan dalam kegiatan sehari-hari (contoh sederhana gunakan tangga daripada lift atau elevator)

2. Kegiatan olahraga sebaiknya dimulai sejak anak-anak dan remaja untuk membentuk kebiasaan sepanjang hidup.

3. Orang dewasa perlu digalakkan untuk meningkatkan kebiasaan beraktivitas fisik sehari-hari, setidaknya melakukan 30 menit olahraga dengan intensitas sedang setiap hari, misalnya jalan cepat. Aktivitas olahraga yang memerlukan banyak energi seperti joging, tenis, sepak bola lebih berguna bagi kesehatan.

4. Para wanita sebaiknya diberi kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga yang menarik, dan perlu meningkatkan kebiasaan melakukan olahraga secara teratur dan kosisten.

5. Orang dengan ketidakmampuan fisik atau penderita penyakit kronis sebaiknya disediakan fasilitas olahragga yang sesuai dengan kemampuannya.

6. Manfaat kebiasaan berakktivitas olahraga sebaiknya disebarluaskan kepada masyarakat.

Penyataan ini juga menyarankan agar pemerintah ikut berperan dalam mempromosikan program peningkatan aktivitas fisk di semua lini. Misalnya, dengan kebijakan transpotasi dan perencanaan kota yang menyediakan kenyamanan fasilitas olahraga yang terjangkau bagi masyarakat luas.

Olahraga dan Kesehatan

Aktivitas fisik secara konsisten berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan dan menurunkan resiko penyakit degeneratif. Pemanfaatan olahraga untuk tujuan kesehatan perlu direncanakan dan dilaksanakan dalam waktu yang teratur dan berkepanjangan. Olahraga yang terlalu berat dan panjang sepeti squash malah akan meningkatkan resiko serangan jantung, (Puddey & Cox, 1995). Latihan yang berlebihan, diet yang tidak seimbang dan berat badan yang rendah akan dapat menyebabkan amenorhoea pada wanita yang akan menyebabkan osteoporosis (Phelps, 1987).

Secara umum olahraga yang dianjurkan bagi kelompol usia pertengahan yang bukan atlit dimulai dengan jalan santai 20 sampai 30 menit yang dilakukan 3 – 4 kali seminggu. Perlu diperhatikan pemilihan jenis olahraga yang akan dilakukan disesuaikan dengan kemampuan tubuh.

Manfaat Olahraga

1. Menguatkan jantung dan meningktkan efesiensinya.

2. Meningkatkan daya vaskuler otot jantung.

3. Membantu mempertahankan tekanan darah normal.

4. Meningkatkan lean body mass, metabolisme basal, dan total energy expenditure.

5. Meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan menurunkan kadar kolesterol total.

6. Meningkatkan kekuatan otot dan menurunkan resiko kelemahan sendi dan tulang.

7. Mengurangi kehilangan kalsium tulang, menurunkan resiko osteoporosis.

8. Mempengaruhi suasana hati (mood) dan daya konsentrasi.

9. Meningkatkan kualitas tidur dan relaksasi.

Tiada komen.

Tinggalkan Jawapan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

%d bloggers like this: